Senin, 11 Juli 2011

Semipro 2011 Pawai Beragam Warna

Posted by Telecenter On 20.27 | No comments



Masyarakat Kota Probolinggo benar-benar dimanjakan dalam gelaran Semipro 2011 kali ini. Siang kemarin (29/06/2011) warga kota Probolinggo giliran mendapatkan tontonan berupa pawai budaya. Pawai budaya yang di ikuti oleh 54 kelompok yang terdiri dari 25 SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), 12 Kabupaten/Kota, 15 Peserta utusan berbagai daerah, serta 2 perusahaan di Kota Probolinggo yang turut menyemarakkan. Pawai budaya yang di mulai sekitar pukul 12.00 WIB ini yang mengambil start dari Jl. Panglima Sudirman depan kantor pemkot, Jl. Gatot Subroto, Jl. A Yani dan finish di alun-alun, warga kota pun tumplek blek untuk menyaksikan gelaran pawai tersebut.

Dalam acara pembukaan pawai, sambutan Wali Kota Probolinggo HM Buchori SH. Msi menyampaikan, hampir seluruh daerah di Jatim ikut serta dalam gelaran kegiatan tersebut. Salah satu tujuannya, untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa indonesia. “Merakit rasa kesatuan yang dikemas dalam suatu kesenian”, ujarnya. Usai memberikan sambutan, Wali Kota HM Buchori langsung membuka acara dengan pembacaan basmalah dan dilanjutkan dengan pemukulan gong.

Drum band Korsik Pemkot Probolinggo menjadi pasukan pertama yang berangkat dalam pawai tersebut, kemudian dilanjutkan dengan kontingen dari Kabupaten Pamekasan yang menampilkan rombongan Sakera, rombongan Jawa Solo dari Solo. Antusias penonton semakin turun ke jalan dan menghimpit jalan ketika kontingen asal Bali tampil di hadapan penonton dengan Ogoh-ogoh-nya.

Tak hanya dimerihakan oleh kesenian asal daerah indonesia saja, dalam gelaran pawai budaya ini juga terdapat kesenian dari etnis China yang dalam kali ini berkesempatan menampilkan kesenian barongsai dan liang-liong sepanjang 100 meter, kesenian Jepang yang juga turut menyemarakkan pawai dengan menamnpilkan tarian Yosakoi, sebuah tari yang diadakan setiap tahun di kota Kochi Jepang.

Pawai Budaya yang mengambil titik finish di alun-alun Kota Probolinggo itu ditutup dengan penampilan hadrah Al Bajuri. Utusan ormas Nahdlatul Ulama (NU) Kota Probolinggo itu menjadi peserta yang berangkat paling akhir.

0 komentar:

Blogger templates

Jendela Informasi Menuju Kemakmuran

About

Banyak Informasi Menggenggam Dunia