Minggu, 09 Oktober 2011

MASA SULIT BAGI KAUM NELAYAN

Posted by Telecenter On 20.54 | No comments
PESISIR UTARA KOTA PROBOLINGGO


Kita tahu bangsa kita adalah bangsa bahari, yang artinya wilayah kelautan kita lebih besar daripada wilayah darat kita. Tapi di zaman sekarang ini, karena pengaruh iklim cuaca yang tidak menentu membuat keadaan ekonomi nelayan semakin sulit. Mereka tidak bisa rutin melaut karena gangguan cuaca seperti gelombang tinggi dan sebagainya.

Pemerintah pusat juga telah mengucurkan APBN yang jumlahnya tiap tahun makin meningkat, tapi kenyataannya para nelayan belum merasakan manfaatnya secara utuh.

Menurut masyarakat nelayan mayangan kota probolinggo kita kurang bersahabat dengan alam, akibatnya kita sendiri yang kesulitan ketika alam mulai “ngambek”.

ada dua poin yang harus diambil, yaitu Pemerintah harus membuat strategi baru pada para nelayan agar ada alternatif pendapatan lain, dan diadakan pelatihan-pelatihan pada para nelayan untuk menghadapi perubahan iklim.Sedangkan menurut kelompok regenerasi nelayan putra bahari kota probolinggo “Nelayan jangan terlalu bergantung kepada hasil laut”. regnel juga memberi dua masukan untuk nelayan yaitu Optimalisasi dan deferensiasi (alih profesi dari nelayan ke pengusaha), dan Pelatihan pengembangan pengolahan ikan di Zona Ekonomi Ekslusif.




                                                                                      

0 komentar:

Blogger templates

Jendela Informasi Menuju Kemakmuran

About

Banyak Informasi Menggenggam Dunia